Wifi Laptop Tidak Menyala atau Tanda Silang, Ini solusinya

1. Driver belum terinstall
Ini adalah yang paling sering dialami oleh seseorang mengapa Wifi Laptopnya tidak mau menyala ataupun tanda silang yaitu Driver Wifi pada laptop belum di Install. Jika menggunakan Windows 10 kebawah kita masih harus menginstall driver WiFi sehingga jika belum kita install, WiFi tidak akan dapat digunakan.
Di Windows 10 biasanya akan terinstall otomatis untuk driver WiFi, akan tetapi di Windows seperti Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP kita masih harus menginstall driver WiFi secara manual agar bisa dapat digunakan. Anda tidak memiliki drivernya? Gampang, tinggal browsing di Google dan ketikkan “driver wifi jenis laptop dan tipe laptop Anda” misalnya “driver wifi acer v3-471g”, pasti akan bermunculan banyak situs driver yang Anda butuhkan. Kalau memungkinkan cari situs resmi, misalnya kalau di acer adalah acer.com dan subdomain didalamnya.
2. Driver terhapus
Yang kedua penyebab wifi laptop tidak mau menyala atau ada tanda silangnya adalah karena driver laptop kita terhapus secara tidak sengaja maupun diakibatkan oleh virus yang menghapus driver wifi kita dengan sendirinya.
Biasanya kasus yang paling sering dialami adalah terhapusnya driver yang diakibatkan oleh virus komputer. Untuk mengetahui driver wifi kita terhapus atau tidak, kita bisa membuka Control Panel\Network and Internet\Network Connections. Jika disana tidak ada icon driver wifi adapter milik kita, bisa dipastikan bahwa driver wifi laptop sudah tidak ada. Untuk itu agar wifi bisa kembali dinyalakan dan dibuka, kita tentu perlu menginstall ulang kembali driver wifi laptop dengan cara mencarinya di internet atau di drive yang kita simpan, baik di harddisk maupun di CD.
3. Anda belum menyalakan wifi
Masalah yang ketiga ini juga sering dialami oleh orang-orang yang kurang berpengalaman menggunakan laptop ataupun orang-orang yang sudah berumur. Seringkali wifi tidak bisa digunakan adalah karena kita belum menyalakan wifinya. Biasanya menyalakan wifi pada laptop bisa dilakukan dengan menekan tombol Fn+F8 atau kombinasi tombol Fn dengan tombol wifi yang tersedia di masing-masing merk laptop.
Tombol menyalakan wifi biasanya ditandai dengan gambar tower pemancar. Jadi jika anda tidak dapat melihat nama-nama wifi atau SSID wifi, mungkin karena anda belum menyalakan wifinya. Cobalah cari petunjuk bagaimana menyalakan wifi laptop sesuai dengan merk dan type laptop anda.
4. Tombol on/off Wifi di tepi laptop belum dinyalakan
Tombol wifi pada laptop tidak selalu berada di keyboard, hal inilah yang sering membuat orang awam bingung ketika mungkin secara tidak sengaja tombol wifi terpencet ke mode “off“. Akhirnya pemilik laptop resah karena wifinya tiba-tiba mati dan tidak mau menyala kembali. Bukannya laptop atau wifi telah rusak mungkin hal ini juga sedang anda alami. Cobalah untuk mengecek apakah ada tombol wifi di sekitar cashing laptop anda. Jika iya mungkin karena tombolnya “off” sehingga wifi tidak menyala, jika memang hal itu yang terjadi berarti mudah saja, Anda cukup menyalakannya ke “on” kembali untuk dapat menggunakan wifi laptop anda seperti sedia kala.
5. Perangkat wifi pada laptop telah rusak
Yang terakhir penyebab laptop tidak dapat mengaktifkan wifi adalah karena wifi card yang ada didalam laptop telah rusak. Jika hal ini terjadi kita harus membongkar dan memperbaiki wifi cardnya, ataupun kita bisa membeli wifi card yang baru kemudian kita pasangkan pada laptop kita. Tetapi ingat jika membeli yang baru tentu harus sesuai dengan model laptop anda.

Karena permasalahan yang terakhir ini dari sisi hardware jadi tidak dapat kita selesaikan hanya dengan menggunakan software yang ada. Disarankan jika anda tidak pernah membongkar laptop lebih baik di perbaiki ke tempat reparasi laptop ataupun ke service center terdekat dari rumah anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar